Posted by : Unknown Senin, 05 Oktober 2015

Tugas (1) Pengantar Bisnis Informatika
Nama : Dimas Yudistira
Kelas : 4IA25
NPM : 52412155


Hewlett-Packard Company NYSE: HPQ, dikenal umum sebagai HP, adalah salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar dunia. Perusahaan ini memiliki keberadaan global dalam bidang komputasi, percetakan, dan gambaran digital, dan juga menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.HP ingin menjadi “itu” ketika datang ke TI. Hewlett-Packard menyediakan salah satuportofolio dunia teknologi paling komprehensif dari perangkat keras, perangkat lunak,dan jasa. Produk meliputi PC, server, perangkat penyimpanan, printer, dan peralatanjaringan. Unit pelayanan Its menyediakan TI dan proses bisnis outsourcing,pengembangan aplikasi dan manajemen, konsultasi, integrasi sistem, dan layananteknologi lainnya. Produk perangkat lunak HP termasuk perusahaan manajemen TI,manajemen informasi, intelijen bisnis, dan carrier-grade aplikasi komunikasi. Pasar perusahaan untuk konsumen, bisnis, instansi pemerintah, dan sekolah-sekolah di lebihdari 170 negara; sekitar dua-pertiga dari penjualan berasal dari luar AS. Pesaing utama HP dalam bisnis PC termasukDellGateway, Inc.Lenovo (Purchased IBM’s Non-server Computer Business,Sony dan Toshiba.

Nama Hewlett Packard adalah gabungan dari nama belakang kedua pendirinya, yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard. Mereka membentuk kemitraan saat bersama-sama kuliah di Universitas standford USA, Packard dan Hewlett mulai bekerja sama dan menemukan semangat untuk mengubah sebuah teori rekayasa menjadi sebuah produk dan terobosan baru.
Dalam era seperti sekarang ini, bisnis  IT  memilki peminat yang sangat  banyak.  Oleh karena itu HP memiliki banyak pesaing. Apalagi pada IT, HP tidak hanya memfokuskan printer, tetapi juga  peralatan komputerisasi  lainnya. Hewlett-Packard adalah sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai produk, teknologi, perangkat lunak, solusi, dan layanan di seluruh dunia. Hp membagi layanannya menjadi 6 segmen industry, yaitu :
1.      Enterprise Storage and Servers segment
Fokus pada penyediaan komponen kunci teknologi dari perusahaan infrastruktur TI. Storage and service segment menawarkan produk penyimpanan dan server, layanan dan perangkat lunak yang dikelola seperti industry standard servers, business critical system, dan storage offerings.
2.      Services segment
Segment ini menawarkan layanan portofolio IT multi vendor, seperti teknologi, konsultasi dan integrasi, dan jasa outsourcing. Segmen ini juga menawarkan teknologi informasi, aplikasi, dan layanan proses bisnis outsourcing untuk pelanggan komersial terutama di bidang industri manufaktur, jasa keuangan, kesehatan, komunikasi, energi, transportasi, dan konsumen ritel dan industri, serta pemerintah.
3.      Software segment
HP Software segmen menyediakan perangkat lunak manajemen Teknologi informasi, manajemen informasi dan solusi intelijen bisnis, dan opencall solusi.
4.      Personal Systems segment
Personal Systems segmen menawarkan baris komputer pribadi (PC) yang terdiri dari PC komersial,PC konsumen, workstation, computer genggam (notebook ), sistem hiburan digital, laptop, kalkulator dan aksesoris lainnya yang berhubungan, dan perangkat lunak dan layanan untuk pasar pemakai dan komersial.
5.      Imaging and Printing segment
HP yang terkemuka penyedia solusi cetak dan imaging untuk keperluan bisnis dan konsumen, seperti printer, perlengkapan pencetakan, media pencetakan, dan scanners, seperti inkjet, laserjet, solusi grafis, dan perlengkapan printer.
6.      Financial Services segment
Segment ini menawarkan leasing, financing, dan utilitas program; pemulihan aset jasa keuangan dan manajemen aset perusahaan untuk layanan pelanggan, serta berbagai layanan keuangan khusus untuk usaha kecil dan menengah, dan lembaga pemerintah.
Hasilnya adalah salah satu perusahaan paling berpengaruh pada abad 20 ini. Hewlett Packard didirikan dengan modal awal sebesar $538. Total pendapatan sebesar $ 30,8 miliar pada tahun 2010. Adapun laba operasional HP naik 25% menjadi 2,9 miliar.
Pada tahun 2014 CEO HP mengungkapkan bahwa perusahaan ini akan menjadi dua, yaitu Hewlett Packard Enterprise dan Hp inc. Hewlett Packard Enterprise akan menjual perangkat data center dan aplikasi terkait dengan layanan server. Sementara perusahaan Hp Inc, akan berkonsentrasi dalam bisnis penjualan PC dan perangkat printer. Segera setelah proses perusahaan baru itu selesai (diperkirakan akhir tahun fiskal 2015) para pemegang saham HP akan memiliki saham dan Hewlett Packard Enterprise dan HP.

“Pengumuman ini datang ketika HP mendekati tahun keempat dari rencana turnaround lima-tahunnya. Selama ini, perusahaan telah sukses dengan obyektif turnaround-nya, mempertahankan para kustomer dan mitra di lini depan,” kata HP. “HP telah menyalakan kembali jaringan inovasinya, memperkuat kemampuan go-to-market, membangun ulang neraca keuangannya, dan menginspirasi para pekerja dan tim manajemennya. Perusahaan sekarang berada di posisi untuk mempercepat kinerja, menggerakkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan menunjukkan kepemimpinan industri yang jelas di area-area kunci.”
        Pada tahun 2014 CEO HP saat ini Meg Whitman akan tetap mempertahankan jabatannya di HP Enterprise, tetapi ketika proses pemisahan tuntas. Whitman juga akan bertindak sebagai dewan direksi di HP Enterprise. Pat Russo akan pindah dari Lead Independent Director HP menjadi Chaiman of Hewlett Packard Enterprise.
Dio Weisler, EVP dari Printing and Personal Systems Business HP akan memimpin HP Inc. sebagai presiden dan CEO. Whitman akan bertindak sebagai non-executive Chairman dari dewan direksi HP Inc.
“HP Inc. akan menjadi perusahaan cetak dan personal systems pemimpin dengan roadmap yang kuat ke teknologi-teknologi baru yang paling menarik, seperti pencetakan 3D dan pengalaman-pengalaman komputasi baru,” kata HP.
Dengan membagi dua perusahaanya, HP berharap pada Hewlett-Packard Enterprise akan memiliki pendapatan 58.4 miliar dollar AS dengan profit sebesar 6 miliar dollar AS. Sementara HP Inc. akan memiliki pendapatan 57.2 miliar dollar AS dan profit sebesar 5.4 miliar dollar AS.

Bersamaan dengan pemisahan dua perusahaan tersebut HP yang juga akan memberhentikan sejumlah 55.000 karyawannya. Sebelumnya dibawah Whitman, HP telah memiliki program pengurangan karyawan yang jumlahnya 36.000 orang.


Berikut ini adalah Produk Hawlett-Packard (laptop) terlaris menurut "http://panduanmembeli.com"
  1. HP Notebook 1000-1431TU
  2. HP Pavilion TouchSmart 14-N011TX
  3. HP Pavilion TouchSmart 11-e012AU

Sumber :




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -