Posted by : Unknown Kamis, 04 Juni 2015

Nama  : Dimas Yudistira
NPM   : 52412155
Kelas   : 3IA25
Tugas Softskill 3
Pengantar Teknologi Game

Membuat Game Sederhana Untuk Android

Tugas kali ini saya disuruh membuat game android, duh awalnya sih bingung tapi okelah...LANGSUNG aja


Siapkan dahulu alat perangnya :
  1. Ide, karena ide itu paling penting, tapi tidak usah dipikirkan, idenya udah ada disini. Kali ini saya akan membuat game SALAH KATA?, bingung yaa gamenya gimana, yauda lihat hasilnya saja nanti.
  2. Siapkan Hardware dan Softwarenya. Hardwarenya berupa PC/Laptop, dan Software saya menggunakan UNITY. Belum punya UNITY? DOWNLOAD DISINI
  3. Android SDK jangan lupa, kalo yang belum punya bisa didownload di google.
  4. Oiya satu lagi saya menggunakan softaware tambahan yaitu Photoshop.

Penjelasan singkat tentang UNITY
Unity 3d adalah salah satu software yang bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan software atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat  dijelaskan sebagai salah satu software untuk mengembangkan video game atau disebut juga game engine , yang sebanding dengan game engine yang lain contohnya saja: Director dan Torque game engine. Unity sebanding dengan mereka ( Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama – sama menggunakan grafis yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.
Dalam beberapa tahun perkembangannya, sebelum dirilis, Unity telah diluncurkan pertama kali sebagai versi pra – rilis dengan GooBall sebuah video game yang didesain khusus untuk Apple Macintosh.
GooBall, dengan unity pra – rilis , telah diluncurkan atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu Unity diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada dua bulan setelahnya yaitu bulan Juni tahun 2005.
Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi pengembang game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design awards dalam kategori “Best OS X Graphics”.
Unity juga disebut sebagai aplikasi pengembang multiplatform, yang mana artinya unity mendukung untuk mengembangkan aplikasi game dan aplikasi yang lain untuk beberapa platforms seperti game console, Mobile Phone platforms, Windows dan OS X.

Sumber : http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine

Sekarang lanjut pembuatan gamenya :
  1. Buka Unitynya, seperti dibawah ini, pilih 2D dan Create.
  2. Selanjutnya atur unitynya agar menjadi project android dengan cara, klik file>Build Setting>Android Platform>Klik Switch platform.
  3. Dalam pembuatan game ini hanya memasukkan gambar saja kedalam unitynya, nah membuat objek gambarnya dengan menggunakan photoshop saja, lalu akan diberikan aksi di unitynya. Seperti ini 
  4. Selanjutnya memprogram/mengkoding objek tersebut, saya menggunakan bahasa C#. Ini contoh programnya. Dari blok program dibawah ini dapat dijelaskan bahwa ketika kita sentuh objek yang berupa button tersebut akan lanjut ke level selanjutnya, seperti diatas akan lanjut ke "soal01". Begitu juga kodingan selanjutnya hanya diganti soal01 dengan soal02, sesuai kita menamakan framenya.      using UnityEngine;
    using System.Collections;

    public class Menu : MonoBehaviour {

           // Use this for initialization
           void OnMouseUpAsButton(){
                  Application.LoadLevel("soal01");
                  }
    }
  5. Selanjutnya akan merunning program tersebut, pertama kita setting dahulu unitynya. Cara settingnya di File>Build Settings>Player Setting, lalu setting seperti dibawah ini (ini hanya contoh bisa menggunakan nama yang lain).
  6. Jika selesai kita running dengan cara File>Build Settings>pilih Build.
Ini Outpu hasilnya yang saya sudah tes di hanphone saya

 




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -