Posted by : Unknown Rabu, 23 April 2014

Identitas buku

Judul             : Chairul Tanjung Si Anak Singkong
Penulis          : Tjahja Gunawan Diredja
Penerbit         : Kompas
Tebal             : 400 Halaman
Tahun Terbit  : 2012







 Sinopsis
Buku ini menceritakan seorang Chairul Tanjung yang diawali dengan kisah bagaimana melanjutkan pendidikan beliau ke perguruan tinggi di tengah keterbatasan ekonomi keluarga. Orang tuanya sangat tegas mendidik anak-anaknya, termasuk Chairul Tanjung. Orang tuanya mempunyai prinsip, “agar bias keluar dari jerat kemiskinan, pendidikan merupakan langkah yang harus ditempuh dengan segala daya dan upaya”. Apapun akan mereka upayakan untuk melanjutkan pendidikan anak-anak mereka ke perguruan tinggi sebagai bekal masa depan.
Chairul Tanjung  mendapatkan uang kuliah pertamanya dari sang ibunda, Halimah, yang telah menggadaikan kain halus miliknya.
Bab selanjutnya menceritakan kehidupan masa muda Chairul Tanjung saat menjadi mahasiswa sampai kisah awalnya menjadi wirausahawan. Tahun 1987, beliau menjadi kotraktor pembangunan pabrik sumpit di Citeureup Bogor, seluas 800 m2 . Tapi pabrik tersebut jadi pabrik sandal.
Buku ini juga mengisahkan kehidupan rumah tangga dan keluarga Chairul Tanjung, ketika beliau bertemu dengan perempuan Jawa, Anita Ratnasari, yang tegas dan tegar.
Dalam Buku ini, Chairul Tanjung mengungkapkan bahwa, “bagi saya, ibu adalah segalanya.” Chairul Tanjung percaya bahwa surga ada di telapak kaki ibu. “Bila kita benar-benar berbakti kepada ibu sepenuh hati dan ikhlas, maka surga akan kita gapai di dunia”. Itu merupakan pendapat dari Chairul Tanjung sendiri.
Chairul Tanjung mengembangkan Para Group, kemudian mengganri nama perusahaanya menjadi CT Corp. secara umum CT Corp terdiri atas tiga perusahaan subholding yaitu Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources.
Mega Corp adalah perusahaan induk untuk jasa keuangan yang melayani masyarakat di sector perbankan, asuransi, pembiyaan, dan pasar modal.
Trans Corp adalah perusahaan induk yang bergerak dibidang bisnis media, gaya hidup, serta hiburan. Sedangkan CT Global Resources adalah perusahaan induk yang focus pada bisnis perkebunan. Buku ini sangat menarik dibaca dan bermanfaat bagi siapa yang ingin mengetahui bagaimana Chairul Tanjung berhasil menjadi seorang pengusaha sukses dengan hasil kerja kerasnya dan keringatnya sendiri, bukan hasil dari warisan keluarga konglomerat.
Kelemahan :
Buku ini memliki kertas yang tipis sehingga mudah tersobek.
Kelebihan :
Buku ini mempunyai bahasa yang mudah dimengerti dan memiliki cerita yang sangat menarik untuk dibaca karena banyak hal bisa dipelajari dari buku ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -