Posted by : Unknown Sabtu, 31 Mei 2014

Web Science

Sebenarnya kata tersebut diambil dari 2 kata Web dan Science. Web atau website merupakan kumpulan halaman yang terdapat di dalam sebuah situs digunakan untuk menampilkan informasi berupa media teks, atau gambar, maupun video. Dan website tersebut bisa saling terhubung dengan website lain dengan menggunakan hyperlink (Jaringan-jaringan Halaman). Selanjutnya Science yaitu ilmu pengetahuan yang di peroleh. Jadi Web Science merupakan sebuah ilmu yang didasari oleh informasi dan digunakan untuk membuat dan memanipulasi sebuah web.

Sejarah WEB
WWW atau World Wide Web, kalian pasti sering mendengar kata itu, atau bila anda sering membuka situs situs, situs tersebut pasti awalnya terdapat www, nah sejarahnya WWW itu merupakan suatu program pada tahun 1991 oleh 1991 awalnya ia hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsipnya risetnya, nah dari situ ia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah suatu program yang bernama Enquire. Dengan program tersebut ia berhasil menciptakan jaringan untuk menghubungkan berbagai arsip sehingga memudahkan untuk mencari informasi yang ia butuhkan.

Sebenarnya WWW pertama kali dikembangkan oleh Pusat Peneletian FIsika Partikel Eropa (CERN) di Swiss. Lalu Barners-lee mengajukan untuk proyek pembuatan hiperteks global pada tahun 1989, setelah 1 tahun di kembangkan WWW (World Wide Web) sudah dapat dijalankan di lingkungan CERN. Dan pada tahun 1991 WWW resmi digunakan secara luas pengguna internet.

Pre-WEB

yaitu dimana sebuah era prototype seperti memex, gopher, usenet dan ftp muncul sebelum berkembang menjadi satu yaitu internet.
  1. Memex, atau juga disebut Memory Extender yaitu adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Secara fisik Memex dideskripsikan terdiri dari sebuah meja yang dilengkapi dengan layar, keyboard, tombol dan pengungkit (lever) serta tempat penyimpanan microfilm. Informasi yang tersimpan dalam microfilm dapat diakses dengan cepat dan ditampilkan melalui layar yang disediakan. Ilustrasi bentuk Memex yang menggunakan meja, layar dan keyboard dapat dikatakan mirip dengan bentuk Personal Computer masa kini. Konsep Associative trail yang ia usulkan mirip dengan teknologi hypertext yang muncul pada era 60-an, dan juga bentuk dari tautan informasi pada jaringan Internet (World Wide Web). 
  2. Hypertext,adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman yang ada di
    web, dan juga hypertext tersebut ditulis dengan format ASCII agar menampilkan tampilan yang terstruktur atau terintegrasi. Dalam pengolah kata yang di simpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah HTML (HyperText Markup Language). Sekarang ini versi HTML sudah sampai 5 (HTML5). 
  3. Internet, yaitu sistem yang dapat menghubungkan jaringan komputer seluruh dunia. Nah untuk menghubungkan komputer komputer tersebut menggunakan Internet Protokol Suite atau TCP/IP. Awalnya internet hanya sebuah proyek yang digunakan untuk kebutuhan militer di Amerika, proyek tersebut bernama ARPANET. Setelah terus berkembangnya internet pada masa itu dan akhirnya bisa digunakan untuk publik.
  4. Usenet, Usenet merupakan kependekan dari User Network yaitu sistem diskusi atau suatu forum yang terdapat di dalam internet. Setiap pengguna internet dapat mengikuti forum/ diskusi tersebut secara gratis. Contoh : http://www.bluefame.com
  5. FTP (File Transfer Protokol), seperti namanya transfer file jadi protokol jaringan standar yang digunakan untuk mengirim file dari satu host ke host lainnya.
  6. Gopher, suatu program berbasis teks yang digunakan untuk mencari atau membrowse daftar menu yang terdapat di server gopher, layanan gopher ini tuh menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi/ menghubungkan ke server tertentu. Gopher itu menyediakan akses dokumen teks, grafik, dan suara digital.
Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0

Web 1.0
Yaitu web pertama yang digunakan dalam aplikasi www. Atau juga ada yang menyebutkan bahwa web 1.0 ini banyak digunakan dalam situs pribadi.
ciri-cirinya :
  • Web yang hanya dapat menampilkan saja
  • Halaman web di desain dari dari html murni, yang hanya untuk bisa dilihat saja
  • Masih menggunakan form-form yang di kirim melalui email.
Web 2.0
Web ini pertama kali di populerkan pada tahun 2004. Pada generasi mulai bisa jejaring sosial, wiki, perangkat komunikasi yang dapap online bagi setiap antar anggota.
Prinsip Web 2.0 :
  • Mudah digunakan dan di adopsi oleh pengguna
  • Model bisnis yang ringan, dikembangkan dengan berbagai gabungan layanan
  • Web sebagai platform
  • Data sebagai pengendali utama
  • Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
Web 3.0
Web 3.0 yaitu sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artifical intelegence) untuk menciptakan data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik. Saat ini web 3.0 mulai dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan didunia seperti Google Co-Ops, Secondfile, di Indonesia pun ada yang mulai mengembangkannya yaitu Li'L Online (LILO) Community. Sebagai teknoogi masa depan, web 3.0 juga sangat membutuhkan kecepatan akses internet dan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Dikarenakan web 3.0 secara visual menggunakan berbasis 3D.
Web untuk pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
Dewasa ini web juga berpengaruh pada setiap orang yang telah menggunakan internet saat ini. Pengaruh tersebut menghasilkan sesuatu yang positif maupun negatif, dan juga berpengaruh dalam pertumbuhan sosial dan ekonomi.
Dampak positif teknologi di bidang sosial :
  • Berbeda kepribadian pria dan wanita, seperti yang sekarang ini banyak wanita memegang suatu posisi sebagai pemimpin baik dalam bisnis maupun pemerintahan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Tekanan, yaitu kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan ini tuh sebagai konsekuensi globalisasi, yang akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
 Dampak Negatif di bidang Sosial :
  • Turunnya Moral di lingkungan masyarakat, sekarang ini banyak kasus yang disebabkan menurunnya moral. Dan ternyata kebanyakan kasus tersebut akibat atau korban dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini.
  • Meningkatnya kenakalan remaja dan tindakan yang menyimpang
  • Pola interaksi Manusia yang berubah, sekarang ini orang orang lebih nyaman menggunakan internet untuk berinteraksi 1 dengan lainnya. Sehingga interaksi manusia sekarang berubah jauh dari sebelumnya ada teknologi saat ini. Contohnya didalam internet kita dapat berinteraksi 1 jam atau lebih kepada seseorang, tetapi ketika orang tersebut bertatap muka, ia hanya terdiam satu sama lain dikarenakan merek sudah terbiasa menggunakan internet untuk berinteraksi.*saran* gunakanlan internet secukupnya jangan sampai teknologi merubah diri anda atau jangan sampai anda menjadi salah satu korban teknologi ^^
Dampak teknologi di bidang Ekonomi
  • Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
  • Terjadinya industrialisasi
  • Produktifitas suatu industri menjadi tinggi
  • Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan.
Web Science dan Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi.
Metodologi web yaitu suatu aplikasi yang nyata dalam hal metodologis, peta dan grafik struktur web adalah untuk mengambil sampling secara langsung dengan menentukan sebuah properti dengan model dan sampel dari Web yang seharusnya. Dengan pertumbuhan Web yang cepat maka dibuatlah survei yang lengkap dari pertanyaan tahun-tahun sebelumnya, dan ilmuwan membutuhkan informasi statistik yang cepat dan tepat waktu mengenai isi bahasa Web yang tersedia. Contoh sampling adalah kunci untuk metode tersebut, tapi sebagaimana seharusnya sampel dikumpulkan dalam rangka secara tepat.

ARSITEKTUR WEB dan APLIKASI UTAMA

Apa itu Arsitektur Web, dari namanya saja sudah jelas arsitektur itu merancang atau membuat. Jadi Arsitektur Web itu merancang sebuah web yang terstruktur dan berfungsi untuk menyusun informasi yang tepat dan mudah menemukan isi dari web tersebut. Didalam merancang pasti membutuhkan sesuatu sama halnya dalam sebuah web, yaitu navigasi, visual, form, interface, dan interaksi
Macam-macam Arsitektur Web :
  • Pattern/pola
  • Framework
  • Model View Control (MVC)
  • Struts
  • Codeigniter
  • Integrasi Sistem
  • Soa
Didalam sebuah web pasti terdapat sistem, dan sistem tersebut mempunyai konsep, konsepnya :
  • Arsitektur teknologi informasi merupakan rencana aset informasi dalam sebuah organisasi
  • Infrastruktur teknologi informasi merupakan fasilitas komponen dari :
           * Fisik teknologi informasi
           * Layanan teknologi informasi
           * Personil teknologi informasi

Aplikasi Utama Arsitektur Web

Hypertext Transfer Protokol (HTTP)

Yaitu suatu protokol yang digunakan WWW. HTTP mendefinisikan bagaimana pesan bisa di format dan dikirimkan dari server ke client. Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu.
Sebuah server HTTP yang menjawab di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah di tentukan.

Hypertext Markup Language (HTML)

Yaitu sebuah bahasa yang digunakan adalam sebuah web, html itu sendiri terdiri dari kode-kode yang digunakan untuk memerintahkan sebuah tampilan halaman web

Web Server

Dari namanya juga sudah tau web server itu apa, jadi sebuah aplikasi server yang melayani permintaan HTTP atau HTTPS dari browser dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web. Halaman web yag dikirim oleh web server itu biasanya berupa file HTML ataupun CSS yang nantinya ditata atau diatur oleh browser itu sendiri sehingga menjadi halaman web yang bagus dan mudah dibaca.

Internet

yaitu sistem yang dapat menghubungkan jaringan komputer seluruh dunia. Nah untuk menghubungkan komputer komputer tersebut menggunakan Internet Protokol Suite atau TCP/IP. Awalnya internet hanya sebuah proyek yang digunakan untuk kebutuhan militer di Amerika, proyek tersebut bernama ARPANET. Setelah terus berkembangnya internet pada masa itu dan akhirnya bisa digunakan untuk publik.

Browser

Browser itu, sebuah peramban. Ini sebuah aplikasi yang paling sering kita gunakan saat menjelajah internet. Aplikasi ini digunakan untuk melihat konten atau isi yang ada pada media WWW. Browser saat ini tidak hanya bisa menampilkan text saja, yaitu bisa menampilkan gambar, video, musik, file pdf atau yang lainnya

Transactions

Internet server transaksi, memiliki kemampuan untuk menangani berbagai macam teknologi web untuk mengakses aplikasi SAP. Menggunakan SAP GUI antarmuka, baik transaksi web dan SAP GUI untuk HTML adalah dua pilihan tersebut.

User Generated Content (UGC)

Sebenarnya sih konten yang dihasilkan dari user atau penggunanya sendiri. Banyak situs sudah mengandalkan UGC untuk menjadi situs yang up-to-date. pemilik situs tersebut cuma membuat perbaikan atau perubahan yang dianggap perlu saja. Dan informasi yang update tersebut berasal dari partisipasi aktif dari para penggunanya. Banyak situs media sosia yang menerapkan UGC ini seperti facebook, twitter, dll, mereka menerapkan ide yang sama di dalam dunia mereka, yaitu dengan memasukkan pertanyaan seperti "What's on your mind?"

Blogs

Adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah website yang isinya tuh dapat di update secara reguler. Selain itu blog juga memungkinkan pengunjung untuk berkomentar. Blok banyak dipakai untuk banyak kegiatan, seperti dijadikan catatan, menulis artikel atau semacamnya.
Secara garis besar blog serta fungsinya itu dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Blog Pribadi
2. Blog Usaha

Wikis

Wiki adalah salah satu dalam kategori website. Wiki merupakan kumpulan halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Jadi wiki intinya yaitu sebuah web yang digunakan oleh semua orang untuk berbagi data.

Social Networks

Biasa disebut jejaring sosial, Yaitu sebuah layanan internet yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan dan memungkinkan bagi pengguna untuk saling berinteraksi tanpa seizin pemilik web tersebut. Selain itu berguna juga untuk menjalin silaturahmi,diskusi, dapat membentuk komunitas yang sesuai dengan minat dan bidang orang-orang yang terlibat didalamnya.
Contohnya seperti Facebook, TWitter, Myspace, dll.

Floksomonies

Merupakan salah satu tren media sosail yang sedang dan terus naik sejak tahun 2004 dan patut di perhatikan di tahun 2005 sehubungan dengan meningkatnya sosial media menggunakan tagging. Tagging yaitu content web yang disepakati bersama secara rasional dengan menggunakan suatu label atau klasifikasi dan sub kategori itu menurut penjelasan wiki hehe.
Dalam dunia fisik informasi, model pengklasifikasian ini sudah lama lho diterapkan secara hirarki dan struktur. Seperti milis atau diskusi online mereka semua ditempatkan menurut suatu topik berdasarkan kategori (tagging).

Semantic Web Summary

Penjelasanya yaitu sekumpulan dari teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
Jadi Web Semantic ini merupakan perkembangan dari WWW, dimana konten web yang ditampilkan tidak hanya dengan format bahasa manusia tetapi juga bisa dibaca dan digunakan oleh bahasa mesin.
Contohnya :
SIOC (http://sioc-project.org/)
Yahoo's Food site, Spivaks Radar Networks, dan development platform Jena di Hewlett-Packard.
Second life (dunia virtual berbasis internet)
Google Co-Op (http://www.google.com/coop/)

XML (Extensible Markup Language)

 XML yairu suatu bahsa yang digunakan untuk mendeskripsikan dan memanipulasi dokumen secara terstruktur. Secara teknis XML didefinisikan sebagai suatu bahasa met-markup yang menyediakan format tertentu untuk dokumen-dokumen yang mempunyai data terstruktur.
Menurut Dournaee (2002), XML tidak mempunyai definisi secara tepat karena ada yang berpendapat bahwa XML itu bukanlah bahasa pemograman, melainkan sintaks yang digunakan untuk menjelaskan bahasa markup lain.

RDF (Resource Description Framework)

RDF yaitu digunakan untuk mendeskripsikan Web Resource, seperti title, author, tanggal modifikasinya, kontennya, maupun copyright information dari Web page.

Owl (Ontologi Web Language)

Yaitu suatu bahasa yang dapat digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang bukan sekedar menampilkan informasi tersebut kepada manusia, melainkan juga yang perlu memproses isi informasi. Ontology sendiri berarti suatu cara untuk mendeskripsikan arti dan hubungan dari istilah-istilah. Deskripsi tersebut berisi class, properties, dan instances.
Dengan menggunakan OWL, kita dapat menambah vocabulary tambahan disamping semantik yang dibuat sebelumnya dengan menggunakan XML, RDF.

Microformats

Jadi tuh salah satu cara untuk menambahkan penandaan sederhana agar tiap daa mudah terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kotak atau lokasi pada halaman web sehingga informasi tersebut dapat dicari, disimpan, atau dikombinasikan.

Microdata

Microdata ini merupakan spek dari HTML yang digunakan untuk sarang semantik pada konten halam web. Microdata ini membantu teknologi seperti mesin pencari untuk memahami informasi apa yang terkandung dalam halaman web, dan menyediakan hasil pencarian yang lebih baik.

Web Security

Dari namanya saja sudah jelas yaitu pengamanan aplikasi web. Keamanan pada aplikasi web mempunyai 3 prinsip utama, yaitu:

  • Confidentiality, yaitu informasi yang berada didalam website hanya dapat dibaca atau diakses oleh orang-orang hanya yang diberikan aksesnya.
  • Integrity, yaitu setiap data yang ada didalam server hanya dapat diubah oleh orang yang berwenang saja.
  • Availability, yaitu dimana website harus dapat diakses oleh user yang ingin menggunakannya dan user yang dapat mengakses itu hanya yang telah dicover oleh prinsip confidentiality.

PENGELOLAAN WEB

Yang namanya mengelola pasti bukan perkara yang mudah, begitu juga dalam mengelola suatu web. Banyak perusahaan menyewa staff atau sesorang untuk mengurusi situs web demi citra perusahaan tersebut.
ada 3 macam institusi yaitu :
  • W3C(World Wide Web Consortium), yaitu suatu organisasi internasional yang menangani bidang WWW. W3C berkecimpung di bidang pendidikan, pengembangan software, dan menyajikan sebuah forum terbuka.
  • Internet Engineering Task Force (IETF), Adalah sebuah komunitas internasionaljaringan terbuka dalam perancangan jaringan, operator, vendor peneliti berkaitan evolusi internet dan kelancaran internet.
    Sebenarnya IETF dilakukan dalam kerja berkelompok, yang diatur menurut topik ke dalam beberapa wilayah (misal routing, transportasi, keamanan, dll). Banyak pekerjaan yang ditangani melalui mailing list.
  • Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), yaitu sebuah organisasi nirlaba yang didirikan untuk bertanggung jawab dalam alokasi ruang alamat IP, pemberian parameter protokol, manajemen sistem domain, dan manajemen sistem root server yang sebelumnya dikerjakan oleh Pemerintah Amerika.
Pemerintahan: Hukum privasi, hukum hak cipta Copyright

Hukum Privasi

Hukum Privasi merupakan hak pemegang hak cipta yang membatasi penggandaan tidak sah atau suatu ciptaan yang hak tersebut terbatas dan secara privasi hanya pada suatu lingkup tertentu serta biasanya menitikberatkan pada kepentingan perseorangan.

Hukum Hak Cipta

Hak cipta itu yang lambangnya ©, sering liat kan? yaitu hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan.
Di negara Indonesia ini, hak cipta sudah diatur dalam Undang-undang Hak Cipta, yaitu, yang berlaku saat ini, Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002.

Prinsip dan Serangan : Jaringan Kesetaraan (Netral), Sensor

Prinsip pengamanan

Pengamanan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam membangun sebuah website. Website akan menjadi peruma ketika dibuat sangat bagus/indah, namun tidak ada pengamanannya bagi admin maupun penggunanya. Dalam pengamanan dikenal dengan beberapa tingkat dan tipe. Tingkat dan tipe tersebut yang diperlukan untuk aplikasi yang berbeda-beda. tipe dan nilai data yang disimpan, jumlah resiko yang biasa dihadapi, usaha, serta biaya yang dipakai untuk menghasilkan aplikasi yang aman.

Serangan pada Web :

Faktor yang menimbulkan serangan :
  • Scripting
  • Lubang pada situs tetangga
  • Hosting yang bermasalah
 Kasus pada Syrian Internet Army

Jadi tuh ceritanya gini, The Syrian Electronic Army (SEA) yaitu kumpulan hacker komputer pemerintah Presiden Suriah Bashar Al-Assad. Tentara elektronik suriah ini yang merupakan pertama, tentara maya di dunia arab untuk secara terbuka melancarkan serangan cyber kepada lawan-lawannya, meskipun itu sifat yang tepat dari hubungan dengan pemerintah suriah tidak jelas.
Serangan elektronik terhadap website barat dapat menjadi salah satunya dan pembenaran untuk tindakan balasan ke pihak Suriah. Walau tidak menjadi pembenaran untuk invasi militer, tapi hal ini dapat membuka front cyber secara besar-besaran, yang mungkin saja akan diakhiri oleh invasi militer.
Itu penjelasan singkat dari  Kasus pada Syrian Internet Army.

WEB CONTENT

Tau kan web kontent? yaa itu kontent dalam web hehe. Penjelasan singkatnya sih informasi yang tersedia melalui media atau elektronik.

Media

Konten dapat disampaikan melalui media apapun seperti internet, TV, CD, maupun acara live seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Konten digunakan untuk mengidentifikasi dan menilai berbagai format dan genre informasi tersebut 

Standar

Standar dalam web beberapa tahun terkshir ini sering dikaitkan dengan kecenderungan untuk membangun situs web, dan filosofi desain web dan pengembangan yang meliputi metode-metode atau cara-cara

Bahasa dalam web

Seperti yang sudah di jelaskan sebelum-sebelumnya web itu menggunakan bahasa pemograman.
Sekarang ini dalam membuat website itu mudah, mau yang gratis ataupun berbayar, tergantung dari tingkat kebutuhan kita membuat web tersebut.
Salah satu dari website itu bisa berbagi ilmu dan pengetahuan sehingga banyak orang yang mengetahuinya juga.

Keberagaman Budaya

Kemajuan IPTEK yang begitu pesat pada sekarang ini, memiliki banyak sekali pengaruh bagi kebudayaan yaitu salah satunya bergesernya nilai-nilai budaya. Bangsa kita adalah bangsa yang besar, maksudnya Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai budayanya, mungkin itu adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya orang Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.
Perubahan dalam hidup boleh terjadi akan budaya dengan nilainya yang tak terhingga akan tetap menjadi simbol bagi orang Indonesia dalam kehidupannya. Terbukti walaupun kemajuan begitu pesat saat ini akan tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.
Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Dari sekian banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang diinginkan.
Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia.

Model Generatif

Istilah generatif model menjelaskan perubahan paradigma dalam pendeskripsian bentuk, generalisasi dari objek yang dioperasikan (urutan langkah-langkah pengolahan, bukan hasil akhir dari penerapan operasi tsb). Model ini berbentuk 3D atau objek 3D.

Rhetorical Web

Bila generatif model adalah objek 3D, lain halnya dengan Rhetorical web yaitu model yang menggunakan tautan (link). Rhetorical ini merupakan fitur yang dignifikan dari WWW, yaitu hyperlink bisa mengoperasikan secara semantik dan navigasional.

Web Annotations

  • Tagging, yaitu itu suatu sistem yang awalnya digunakan Google untuk menyusun informasi-informasi yang ada di internet. Awalnya sebelum adanya tagging ini informasi yang terdapat di internet acak-acakan atau tidak tersusun berdasarkan kategorinya.
  • Metadata, merupakan informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, atau digunakan, maupun dikelola.
  • Rich Snippets, yaitu data yang disajikan kepada mesin pencari, diantaranya seperti judul, alam URL, pemilik, lokasi, dll. Ketika seseorang mengetikkan kak kunci, maka mesin pencari seperti google akan menyajikan data yang telah disertakan oleh pemilik web tsb.
    Penggunaan Rich Snippet sangat besar untuk SEO.
    Jenis Snippets :
    * Author Snippets
    * Business and Organization Snippets
    * Event Snippets
    * Music Album SnippetsPeople Snippets
    * Product Snippets
    * Recipe Snippets
    * Review Snippets
    * Video Snippets
Sumber :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_web_info2043.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
http://en.wikipedia.org/wiki/Hypertext
http://en.wikipedia.org/wiki/Memex
http://sekarageng.blogspot.com/2013/03/web-semantik-semantic-web.html
http://www.bjoconsulting.com/ezines/2005/edisi75.htm
http://yendry03.wordpress.com/2010/04/29/kesimpulan-a-frame-work-for-web-science/
http://silianraya.blogspot.com/2012/12/sejarah-internet.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Hiperteks
http://yudhim.blogspot.com/2008/02/sejarah-internet.html
http://www.mandalamaya.com/pengertian-browser/
http://9f-isnanoviana.blogspot.com/2011/09/usenet-usenet-adalah-sistem-diskusi.html
http://aminudin.net/ftp-server/
http://zakyafdika.wordpress.com/2014/04/01/definisi-web-science/
http://en.wikipedia.org/wiki/Ghoper
http://blog.kangismet.net/2013/06/mengenal-google-rich-snippet-dan-jenisnya.html
http://kumanurmala.blogspot.com/
http://bluealviandikha.blogspot.com/2012/10/dampak-positif-dan-negatif-teknologi.html
http://www.marketing.co.id/user-generated-content/
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2013/01/15/pengertian-blog-serta-fungsinya-519896.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -