Posted by : Unknown Rabu, 09 Oktober 2013










Memory adalah tempat penyimpanan informasi didalam komputer. Memory terbuat dari chip. Setiap komputer memiliki dua jenis memory, yaitu : Read Only Memory (ROM) dan Random Access Memory (RAM). Teknologi terbaru saat ini untuk ROM adalah EEPROM sedangkan untuk RAM adalah DRAM. Selain 2 memory tersebut terdapat juga cache memory, memory bus speed, dan sel memory.

ROM
Read Only Memory (ROM) yaitu menyimpan program untuk menjalankan komuter. Ketika komputer dinyalakan, proses booting akan mulai dan ROM member perintah terhadap CPU untuk siap mengerjakan segala sesuatu. Perintah pada ROM tidak dapat diubah dan tidak hilang saat komputer dimatikan.
Tipe ROM       :
a.      PROM (Programable ROM)
ROM yang hanya bisa deprogram 1 kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi di program.
b.     RPROM (Re-Programable ROM)
PROM yang telah berkembang yaitu bisa deprogram berulang kali.
c.     EPROM (Erasable ROM)
Tipe ROM yang dapat dihabus dan deprogram ulang. Program dihapus dengan menggunakan sinar ultraviolet.
d.     EEPROM (Electricaly ROM)
Versi terbaru dari EPROM dan dapat dihapus dengan menggunakan sinar ultraviolet. ROM tipe ini paling banyak digunakan saat ini.

RAM
Random Access Memory (RAM) yaitu memory yang menyimpan data dan perintah saat komputer dinyalakan. RAM merupakan memory sementara. Apabila komputer dimatikan data yang tersimpan di RAM akan hilang.
Model RAM saat ini   :
a.     SRAM (Static RAM)
b.     DRAM (Dynamic RAM)
c.     EDORAM(Extended Data Out RAM)
d.     SDRAM(Syncronous Dynamic RAM)
e.     RDRAM (Rambus DRAM)
f.      DDRAM (Double Data Rate DRAM)
g.     VGARAM (Video Graphic RAM)

Sebagian besar komputer menggabungkan dua jenis RAM volatil : statis dan dinamis . Meskipun kedua jenis memerlukan arus listrik konstan untuk fungsi , mereka memiliki beberapa perbedaan penting . Dynamic RAM lebih murah , dan karena itu adalah yang paling banyak digunakan . Ketika komputer dikatakan memiliki 512 megabyte atau satu gigabyte RAM.
Salah satu jenis khusus dari DRAM adalah lebih umum tertanam DRAM , atau eDRAM . EDRAM adalah DRAM terintegrasi ke chip yang sama dengan prosesor dan digunakan sebagai memori cache .
Static RAM ( SRAM ) memiliki keuntungan yaitu lebih cepat dari DRAM , meskipun SRAM lebih mahal . SRAM dalam sistem komputer biasanya digunakan untuk memori berkecepatan tinggi yang diperlukan diperlukan untuk cache prosesor dan I / O buffer . Printer dan liquid crystal display ( LCD ) sering menggunakan SRAM untuk penyangga gambar . SRAM juga banyak digunakan dalam perangkat jaringan , seperti router , switch , dan kabel modem.

Cache Memory
CPU menggunakan cache memory sebagai perantara yang lebih cepat antara CPU dengan RAM. Cache memoy mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi disbanding RAM. Kapasitas cache adalah 32Kb-512 Kb.

Sel memory
Memory terbagi atas unit-unit yang disebut sel. Setiap satu sel menyimpan satu byte data. Setiap sel memiliki alamat yang dikenal oleh CPU.

Memory Bus Speed
Memory ini disebut juga Bus Clock, kecepatan pengiriman data ke memory melalui Bus line. Memory Bus Speed sangat mempengaruhi kenerja CPU.

Referensi        :
Buku “Pelatihan Teknik Komputer & Jaringan” tahun 2009
Buku “Types of RAM and ROM” karangan Jim Hurst

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -