Posted by : Unknown Jumat, 04 Oktober 2013



Sejarah Internet dan Perkembangannya

Sejarah internet dimulai pada tahun 1960-an Departmen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA) merintis sebuah system jaringan ARPANET. ARPANET merupakan cikal bakal internet. Pada tahun 1980-an, mulai diperkenalkan Protokol standar TCP/IP, nama domain dan National Science Foundation Network (NSFNET) menggantikan peran ARPANET sebagai jaringan riset di Amerika Serikat.
 Seteleah itu internet mulai populer di kalangan universitas dan departermen di pemeritahan mulai membentuk jaringan yang terhubung oleh NSFNET. Mahasiswa dan karyawan disaat itu menggunakan internet untuk bertukan informasi, dan selanjutnya internet membuat banyak orang tertarik, sehingga perkembangannya semakin pesat. Internet secara perlahan telah berubah menjadi kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara global. Ketikan populeritasnya makin meningkat internet menjadi wadah perkembangan informasi dan perangkat komputer yang dibutuhkan oleh setiap orang. Sudah jelas bahwa internet bukanlah hanya sekumpulan komputer dan kabel.
Pada awalnya informasi yang ada di internet hanyalah berbasis teks, dan pada tahun 1990 muncul tampilan grafis yaitu World Wide Web (WWW) yang dikembangkan oleh CERN. Dan sekitar tahun 1994 internet mulai digunakan di Indonesia.

Definisi Internet               

Internet merupakan dari system komunikasi global yang membentuk suatu komunitas tersendiri, dan pada jaringan ini biasanya menghubungkan beberapa terminal / jaringan sehingga membentuk inter-network. Internet adalah singkatan dari Interconnected Network.
Berbagai jenis komputer dengan spesifikasi berbeda-beda dapat bertukar informasi dan bertukar data melalui internet dengan menggunakan protocol TCP/IP. TCP/IP digunakan untuk membedakan setiap komputer atau jaringan yang terhubungkan internet sebagai identitas tertentu yang disebut dengan IP (IP address). Alamat IP merupakan kombinasi dari angka-angka yang menunjukkan identitas sebuah komputer.
Selain alamat IP, beberapa komputer atau jaringan dapat juga memiliki identitas berupa nama yang mudah diingat. Nama tersebut disebut sebagai nama domain, contohnya: www.yahoo.com


Dampak positif:

-          Dapat menambah wawasan kita
-          Dengan internet dapat mempererat silaturahmi
-          Mempermudah mengirim pesan
-          Mempermudah mencari inforamsi
-          Menghemat waktu
-          Menghemat kertas, karena seperti majalah atau berita sudah ada di internet
-          Dengan internet dapat bertukar informasi

Dampak negatif

-         Bisa menjadikan malas
-         Bisa menimbulkan sakit mata seperti perih, ataupun mata menjadi mines
-         Internet dijadikan perjudian
-         Internet bisa menyebabkan penipuan
-         Internet bisa menjauhkan kita dari kehidupan sosial
-         Internet bisa menyebabkan kecanduan
-    Internet bisa dikatakan memperbodoh anak, memperbodoh disini dimaksudkan hubungan internet dengan game. Karena banyak anak Indonesia putus sekolah disebabkan kecanduan game internet.
-        Dapat merusak moral, karena hal apa saja misalnya pornografi sudah marak atau banyak di internet.

Referensi :
Buku “Bagaimana Menggunakan Internet” penerbit PT Elex Media Komputindo.
Buku “Internet dan Aplikasinya” penerbit PT Elex Media Komputindo.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -