Posted by : Unknown Sabtu, 25 Mei 2013

A. Pengertian Cinta Kasih

         Menurut Kamus umum Bahasa Indonesia karya WJS.Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka atau rasa sayang, ataupun sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan Kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih itu hampir sama, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka(sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.
        Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan menusiawi yang akrab. Demikian pula adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan Ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya.

B. Cinta menurut Ajaran Agama

        Ada yang berpendapat bahwa etika cinta dapat dipahami dengan mudah tanpa dikaitkan dengan agama. Tetapi dalam kenyataan hidup manusia masih mendambakan tegaknya cinta dalam kehidupan ini. Dalam kehidupan manusia, cinta menampakkan diri dalam berbagai bentuk. Kadang seseorang mencintai dirinya sendiri, kadang mencintai orang lain, Atau juga istri dan anaknya, hartanya atau Allah dan Rasulnya. Berbagai bentuk cinta kita dapatkan dalam kitab Al-qur'an.

Cinta diri
        Didalam Al-Qur'an surat al-Adiyat ayat 8 berisi "Diantara gejalan yang menunjukan kecintaan manusia terhadap dirinya sendiri ialah kecintaannya yang sangat terhadap harta, yang dapat merealisasikan semua keinginannya dan memudahkan baginya segala sarana untuk mencapai kesenangan dan kemewahan hidup".

Cinta Kepada Sesama Manusia
         Manusia harus menyeimbangkan antara cinta dan kasih agar dapat hidup dengan harmonis dan keserasian. Al-Qur'an juga menyeru kepada orang-orang yang beriman agar saling mencintai seperti cinta mereka pada diri mereka sendiri. Dalam seruan itu sesungguhnya terkandung pengarahan kepada para mukmin agar tidak berlebih-lebihan dalam mencintai diri sendiri.

Cinta Seksual
          Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual. Sebab ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerja sama suami dan istri. Ia merupakan faktor yang primer bagi kelangsungan hidup. Dalam Al-Qur'an surat Ar-Rum ayat 21 berisi "Dan di antara tanda-tanda kekuasaa-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dan jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi yang berfikir".

Cinta Kebapakan
           Cinta kebapakan dalam Al-Qur'an diisyaratkan dalam kisah nabi Nuh a.s. Betapa cintanya ia kepada anaknya, tampak jelas ketika ia memanggilnya dengan penuh rasa cinta, kasih sayang. Dan belas kasihan untuk naik ke perahu agar tidak tenggelam ditelan ombak, dalam Qur'an Surat Yusuf ayat 84 berisi :
"....Dan Nuh memanggil anaknya- sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil : "Hai.. anakku, naiklah (kekapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama-sama orang-orang yang kafir".

Cinta Kepada Allah
           Puncak cinta manusia, yang paling bening, jernih dan spiritual ialah cintanya kepada Allah dan kerinduan kepada-Nya. Tidak dalam shalat, pujian dan doanya saja, tetepi juga dalam degala tindakan dan tingkah lakunya. Qur'an Surat Ali Imran ayat 31 berisi "Katakanlah: " Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha pengampun lagi Maha Penyayang".

Cinta Kepada Rasul
          Cinta kepada Rasul, yang diutus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta, menduduki peringkat ke dua setelah cinta kepada Allah. Ini karena Rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tigkah laku, moral maupun berbagai sifat luhur lainnya.

C. Kasih Sayang

           Pengertian menurut kamun umum B.Indonesia karangan W.J.S.Poewadarminta adalah perasaan sayang, peresaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
           Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayng ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Percintaan muda-mudi bila diakhiri dengan perkawinan, maka didalam keluarga bersifat kasih mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang. Kasih sayang adalah dasar komunikasi dalam keluarga. Komunikasi antara anak dan orang tua. Pada prinsipnya anak terlahir karena orang tuanya.

Sumber : Buku IBD karangan Widyo Nugroho dan Achmad Muchji

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -