Posted by : Unknown Jumat, 02 November 2012



Negara Indonesia mempunyai banyak masalah tentang kependudukan, salah satu contohnya yaitu dalam kepadatan penduduk. Indonesia termasuk sebagai negara terpadat di dunia yaitu Indonesia masuk peringkat 4 dunia, seteleah China, India, dan Amerika. Populasi di Indonesia bisa terus bertambuh sekitar 1,49 persen(%) pertahun.  Artinya setiap tahun jumlah penduduk Indonesia akan terus membengkak.

Beberapa kota Indonesia penduduknya paling padat, yaitu:

1.      DKI Jakarta
DKI Jakarta adalah Ibu kota negara Indonesia. Orang-orang banyak yang berdatangan dari berbagai daerah untuk mencari kerja. Di Jakarta penuh dengan orang pendatang, sehingga Jakarta padat penduduknya akibatnya sering terjadi kemacetan di Jakarta.

2.      Surabaya
Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya menjadi kota terpadat kedua setelah DKI Jakarta di Indonesia. Surabaya merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia Timur.

3.      Bandung
Kota Bandung menjadi kota terpadat di Indonesia selanjutnya. Bandung sangat dikenal dengan daerah yang wilayahnya sejuk yang berada di dataran tinggi. Sehingga banyak penduduk yang tinggal di Bandung karena suasananya, dan juga kota Bandung salah satu tujuan wisata.

Penyebab kepadatan penduduk, yaitu:
·         Faktor ekonomi
·         Faktor sosial budaya
·         Faktor iklim
·         Migrasi
·         Meningkatnya kelahiran penduduk

Upaya mengurangi kepadatan penduduk, yaitu:
·         Transmigrasi
·         Pemerataan lapangan kerja
·         Pengurang kelahiran penduduk dengan adanya program KB

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -