Posted by : Unknown Jumat, 16 November 2012


Kali ini admin akan membahas tentang PENGENALAN JAVA.. 

Bahasa pemograman java terlahir dari The Green Project. Proyek tersebut dikerjakan oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling, dan Billy Joy. Sekitar tahun 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali berteknologi layar sentuh (touch screen), seperti PDA. Dan teknologi ini baru dinamai *7 (star seven).
Setelah era star seven selesai, sebuah perusahaan Tv-kabel tertarik pada proyek ini (The Green Project). Sebagai awal landasan membuat perambah Java di buatlah Web Runner. Pada perkembangan pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java. Sekitar tahun 1995, untuk pertama kalinya kode sumber Java dibuka.
Nama Oak, diambil dari pohon Oak yang tumbuh didepan ruangan kerja James Gosling (bapak Java). Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi Java releasenya karena itu sudah terdaftar mejadi perangkat lunak, sehingga digantilah menjadi “Java”. Nama ini berasal dari kopi murni (tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama Java diambil dari kata “Jawa”.

Beberapa Fitur-fitur Penting Dalam Bahasa Java

Java dirancang untuk mudah dipelajari dan digunakan dengan secara
efektif. Contoh fitur-fitur Java yaitu:

1.      Java Virtual Machine (JVM)
  JVM ini mesin virtual yang dihasilkan oleh software sehingga menyamai mesin yang sederhana. Menyesiakan platform perangkat keras yang dapat menjadikan satu semua program java. Hasil program tersebut Java akan menghasilkan bitcode yang merupakan bahasa mesin khusus yang dapat dimengerti Java.

2.      Garbage Collection
     Yang merupakan bertanggung jawab mengosongkan memori. Pengosongan ini terjadi secara otomastis selama progaram java masih aktif.

3.      Keamanan kode (Code Security)
     Code Security pada java menggunakan pengamanan tiga lapis untuk melindungi sistem dari kode Java ang tidak dipercaya.
·        Class-loader, menangani pemuatan kelas Java ke runtime penerjemah.
·        Bytecode verifer, membaca bytecode file, dan menjamin bytekode tersebut memenuhi aturan dasar Java.
·        Menajemen Keamanan, menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan apakah program berhak mengakses sumber daya seperti sistem file.


Konsep, dan Struktur Java
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)
Java bukan termasuk turunan dari bahasa pemograman manapun, ia juga sama sekali tidak serasi/cocok dengan semuanya. Model objek Java adalah sederhana dan mudah dikembangkan. Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) merupakan teknik adalah cara ampuh dalam pengembangan perangkat lunak. OOP adalah konsep untuk membuat suatu program berdasarkan objek. Jadi sebuah Objek merupakan suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek yang dimaksud.

Struktur Java
Java memiliki sifat “Case Sensitive” yaitu dimana kita membuat data dengan huruf kecil dan kita men-ouputnya dengan huruf besar maka program itu akan eror. Pertama minimal dalam membuat program Java ada yang namanya “class”, dimana nama class tersebut sama dengan nama file (Java) yang kita buat.
Yang dimaksud struktur Java yaitu, Modifiers, Statement, Bloks, Classes, dan Comments. Modifiers digunakan untuk menentukan penggunaan dari suatu data, methods dan class, contohnya: public, static, final, abstract, dan protected. Statement merupakan baris perintah, setiap statement java selalu diakhiri dengan titik koma (;). Bloks digunakan untuk membentuk suatu grup statement, bloks diawali dengan dengan kurung kurawal ({}). Comments digunakan untuk memberikan keterangan atau penjelasan suatu baris program, struktur comments tidak akan di kompilasi oleh compiler, lambang comments adalah double slash (//) untuk memberikan penjelasan suatu baris, sedangkan lambang /* dan */ untuk memberikan penjelasan satu baris atau lebih.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -