Posted by : Unknown Jumat, 07 November 2014


Nama   : Dimas Yudistira

Kelas   : 3IA25
NPM   : 52412155

Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat design Pemodelan Grafis
Dari kebudayaan sendiri sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia ditambah lagi dengan adanya teknologi, dewasa ini teknologi sangat berkembang dan mungkin akan menjadi suatu kebudayaan yang baru dari kehidupan manusia. Sehingga dalam hal pemodelan grafis yang berkaitan dengan teknologi dan ditambah dengan kebudayan akan semakin berkembang. Orang-orang akan berfikir bagaimana membuat suatu pemodelan grafis yang berkaitan kebudayaan dengan menggunakan teknologi, contoh batik, sekarang ini batik beragam dan batik sekarang bisa dibuat dengan menggunakan teknologi yang cukup modern.

Bila sudah berbicara dengan pengaruh kebudayaan dan teknologi, tentu saja mempunyai “bidang studi yang berkaitan dengan pemodelan grafis”. Bidangnya yaitu:
1.      Psikologi, merupakan suatu perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian control motorik, sehingga dapat diterapkan dalam metode pencocokan mesin.
2.      Ergonomi, yaitu lebih pada aspek fisik dari mesin ke manusia dan mendapat suatu dukungan dalam desain tempat kerja dan lingkungannya.
3.      Sosiologi, lebih memfokuskan dari pengaruh system manusia dengan computer pada struktur lingkungannya.
4.      Antropologi, merupakan imlu manusia, dalam hal ini memfokuskan dengan studi dari interaksi manusia dengan computer. Contoh dalam kehidupan sehari-hari interaksi kita semua untuk mendesain dengan menggunakan computer.
Bila sudah berpengaruh, selanjutnya “manfaat desain pemodelan grafis
1.      Budaya
Sebenarnya pemodelan grafis sudah ada dari zaman dahulu, dimana manusia dulu bisa menggambarkan kehidupan mereka di tembok-tembok dengan menggunakan batu sebagai alatnya. Contohnya lagi batik, gambar yang disediakan berasal dari binatang, tanaman, bahkan hingga bentuk manusia, awan, relief, dan logo tim sepak bola. Jadi dapat disimpulkan pemodelan grafis untuk menggambarkan suatu sejarahsejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
2.      Pendidikan
Dalam dunia pendidikan pemodelan grafis dengan menggunakan computer bisa digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata dengan menggunakan suatu software.  
3.      Hiburan
Hiburan merupakan hal yang mutlak bila berkaitan dengan pemodelan grafis, contohnya sekarang ini banyak film yang menggunakan teknologi modern untuk menampilkan aksi-aksi yang keren dan nyata. Mungkin yang paling dekat dalam TV yaitu iklan ataupun film sekarang sudah banyak iklan atau film yang menggunakan grafis computer.
4.      Perancangan
Dalam perancangan desain grafis sudah dibantu dengan menggunakan teknologi dan banyak software pendukungnya. Seperti blender ataupun paint.
5.      Teknologi
Sudah pasti desain grafis untuk menghasilkan grafis yang bagus dan nyata dibantu dengan menggunakan teknologi yang canggih. Seperti pembuatan efek dalam film, ataupun membuat film 3D.
Sumber :
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis. www.dy06cool.blogspot.com.3 November 2014.
Desain Pemodelan Grafik.www.sayamanusia-kukubima.blogspot.com.3 November 2014.
Manfaat Desain Pemodelan Grafik untuk Bidang Budaya.www.zvpopo.blogspot.com.3 November 2014.
Manfaan Desain Pemodelan Grafik. www.rizalwisma.wordpress.com.3 November 2014.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -