- Back to Home »
- Tugas »
- TUGAS SOFTSKILL 2
Posted by : Unknown
Jumat, 07 November 2014
Nama : Dimas Yudistira
Kelas : 3IA25
NPM : 52412155
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi
dalam Membuat design Pemodelan Grafis
Dari
kebudayaan sendiri sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia ditambah lagi
dengan adanya teknologi, dewasa ini teknologi sangat berkembang dan mungkin
akan menjadi suatu kebudayaan yang baru dari kehidupan manusia. Sehingga dalam
hal pemodelan grafis yang berkaitan dengan teknologi dan ditambah dengan
kebudayan akan semakin berkembang. Orang-orang akan berfikir bagaimana membuat
suatu pemodelan grafis yang berkaitan kebudayaan dengan menggunakan teknologi, contoh
batik, sekarang ini batik beragam dan batik sekarang bisa dibuat dengan
menggunakan teknologi yang cukup modern.
Bila
sudah berbicara dengan pengaruh kebudayaan dan teknologi, tentu saja mempunyai “bidang studi yang berkaitan dengan
pemodelan grafis”. Bidangnya yaitu:
1. Psikologi,
merupakan suatu perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian control
motorik, sehingga dapat diterapkan dalam metode pencocokan mesin.
2. Ergonomi,
yaitu lebih pada aspek fisik dari mesin ke manusia dan mendapat suatu dukungan dalam
desain tempat kerja dan lingkungannya.
3. Sosiologi,
lebih memfokuskan dari pengaruh system manusia dengan computer pada struktur
lingkungannya.
4. Antropologi,
merupakan imlu manusia, dalam hal ini memfokuskan dengan studi dari interaksi
manusia dengan computer. Contoh dalam kehidupan sehari-hari interaksi kita
semua untuk mendesain dengan menggunakan computer.
Bila
sudah berpengaruh, selanjutnya “manfaat
desain pemodelan grafis”
1. Budaya
Sebenarnya
pemodelan grafis sudah ada dari zaman dahulu, dimana manusia dulu bisa
menggambarkan kehidupan mereka di tembok-tembok dengan menggunakan batu sebagai
alatnya. Contohnya lagi batik, gambar yang disediakan berasal dari binatang,
tanaman, bahkan hingga bentuk manusia, awan, relief, dan logo tim sepak bola. Jadi
dapat disimpulkan pemodelan grafis untuk menggambarkan suatu sejarahsejarah dan
nilai seni dalam budaya tersebut.
2. Pendidikan
Dalam
dunia pendidikan pemodelan grafis dengan menggunakan computer bisa digunakan
untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata dengan menggunakan
suatu software.
3. Hiburan
Hiburan
merupakan hal yang mutlak bila berkaitan dengan pemodelan grafis, contohnya
sekarang ini banyak film yang menggunakan teknologi modern untuk menampilkan
aksi-aksi yang keren dan nyata. Mungkin yang paling dekat dalam TV yaitu iklan
ataupun film sekarang sudah banyak iklan atau film yang menggunakan grafis computer.
4. Perancangan
Dalam
perancangan desain grafis sudah dibantu dengan menggunakan teknologi dan banyak
software pendukungnya. Seperti blender ataupun paint.
5. Teknologi
Sudah
pasti desain grafis untuk menghasilkan grafis yang bagus dan nyata dibantu
dengan menggunakan teknologi yang canggih. Seperti pembuatan efek dalam film,
ataupun membuat film 3D.
Sumber
:
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi
dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis. www.dy06cool.blogspot.com.3 November 2014.
Desain Pemodelan Grafik.www.sayamanusia-kukubima.blogspot.com.3 November 2014.
Desain Pemodelan Grafik.www.sayamanusia-kukubima.blogspot.com.3 November 2014.
Manfaat
Desain Pemodelan Grafik untuk Bidang Budaya.www.zvpopo.blogspot.com.3 November 2014.
Manfaan
Desain Pemodelan Grafik.
www.rizalwisma.wordpress.com.3 November 2014.