- Back to Home »
- Tugas »
- Pemahaman Desain Pemodelan Grafik
Posted by : Unknown
Sabtu, 04 Oktober 2014
Tugas Softskill 1
Nama : Dimas Yudistira
NPM : 52412155
Kelas : 3IA25
Desain? Apa sih itu Desain?
Menurut saya pribadi desain itu suatu rancangan untuk membuat sesuatu agar terlihat indah dan memiliki sebuah arti. Sebenarnya arti desain itu luas orang-orang mempunyai pengertian sendiri dan sekarang ini arti kata desain semakin berkembang. Berikut ini bebrapa arti desain menurut para ahli...
- Coirul Amin, beliau berpendapat bahwa desain adalah suatu kerangka bentuk, rancangan, motif, pola dan corak.
- American College Dictionary, mereka berpendapat desain yaitu, garis besar, sketsa, rencana, seperti dalam kegiatan seni, bangunan, atau gagasan tentang mesin yang akan diwujudkan.
- Ken Hurts, desain yaitu proses iteratif yang melibatkan banyak aktivitas dan tinjauan ke belakang dan paralel
- Dedi Nurhadiat, berpendapat desain itu salah satu bentuk kebutuhan jasmani dan rohani manusia yang dijabarkan melalui pengalaman, keahlian dan pengetahuannya yang mencerminkan perhatian pada apresiasi dan adaptasi di sekelilingnya, yang berhubungan dengan bentuk, komposisi, arti, nilai, dan berbagai tujuan benda buatan manusia.
Selanjutnya Apa itu Pemodelan Grafik???
Tetapi sebelumnya masuk ke pengertian grafik
Grafik yaitu gambaran pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis atau gambar. Grafik menurut para ahli...
- Karl E.Case, grafik yaitu penyajian dua dimensi dari suatu kelompok atau data.
- Murray R.Spiegel & Larry J.Stephens, mereka berpendapat suatu tampilan gambar dari hubungan di antara variabel-variabel.
- Soedarso, grafik itu bentuk penyajian visual yang dipakai untuk membandingkan jumlah data pada saat-saat yang berbeda.
Sekarang baru Pemodelan Grafik
Pemodelan Grafik di ambil dari suku kata yang berbeda, Pemodelan dan Grafik. Pemodelan adalah suatu bentuk penyederhanaan dari sebuah elemen dan komponen yang sangat komplek untuk memudahkan pemahaman dari informasi yang dibutuhkan. Jadi Pemodelan grafik itu yaitu bentuk penyederhanaan dari sebuah komponen untuk membudahkan dalam pemahaman dari sebuah grafik.
Setelah mengetahui pengertian Desain, Pemodelan, dan Grafik, berarti kita telah mengetahui pengertian dari Desain Pemodelan Grafik, yaitu Perancangan dari bentuk yang
kompleks menjadi sederhana dalam bentuk grafik.
Sejarah Desain Pemodelan Grafik
Sebenarnya mungkin manusia zaman dahulu atau nenek moyan kita membuat gambar yang dimana dengan menggunakan gambar tersebut ada sebuah informasi yang ingin disampaikan dari gambar yang sangat besar dan panjang.
Sejarah dan tahapan Desain Pemodelan Grafik :
1851 The Great Exhibition
Diselenggarakan
di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851, pada saat Revolusi
industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan
teknologi industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur
besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang
oleh Joseph Paxton.
1910, Modernisme
Modernisme
terbentuk oleh urbanisasi dan industrialisasi dari masyarakat Barat. Sebuah
dogma yang menjadi nafas desain modern adalah "Form follow Function"
yang di lontarkan oleh Louis Sullivan.Symbol terkuat dari kejayan modernisme
adalah mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya.
Desain tanpa dekorasi lebih cocok dengan “bahasa mesin”, sehingga karya-karya
tradisi yang bersifat ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan
“estetika mesin”.
1916, Dadaisme dan De Stijl
Suatu pergerakan
seni dan kesusasteraan (1916-1923) yang dikembangkan mengikuti masa Perang
Dunia Pertama dan mencari untuk menemukan suatu kenyataan asli hingga
penghapusan kultur tradisional dan bentuk estetik. Dadaisme membawa gagasan
baru, arah dan bahan, tetapi dengan sedikit keseragaman. Prinsipnya adalah
ketidakrasionalan yang disengaja, sifat yang sinis dan anarki, dan penolakan
terhadap hukum keindahan.
Gaya yang berasal dari Belanda, De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi asimetris. Gambar dibawah adalah Red and Blue Chair yang dirancang oleh Gerrit Rietveld.
Gaya yang berasal dari Belanda, De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi asimetris. Gambar dibawah adalah Red and Blue Chair yang dirancang oleh Gerrit Rietveld.
1918 - 1919, Constructivism dan Bauhaus
Suatu pergerakan
seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang ditandai oleh
penggunaan metoda industri untuk menciptakan object geometris. Constructivism
Rusia berpengaruh pada pandangan moderen melalui penggunaan huruf sans-serif
berwarna merah dan hitam diatur dalam blok asimetris. Bauhaus dibuka pada tahun
1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius. Sampai akhirnya harus
ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu pendekatan segar untuk mendisain
mengikuti Perang Duni Pertama, dengan suatu gaya yang dipusatkan pada fungsi
bukannya hiasan.
1928-1930, Gill Sans
Tipograper Eric
Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam
Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans serif dengan proporsi
klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang memberinya suatu
kemampuan beraneka ragam (great versatility).
1950s,
International Style
International
atau Swiss style didasarkan pada prinsip revolusioner tahun 1920an seperti De
Stijl, Bauhaus dan Neue Typography, dan itu menjadi resmi pada tahun 1950an.
Grid, prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf sans serif menjadi
aturan sebagaimana tipografi ditingkatkan untuk lebih menunjukkan fungsi
universal daripada ungkapan pribadi.
1960s, Psychedelia and Pop Art
Kultur yang
populer pada tahun 1960an seperti musik, seni, disain dan literatur menjadi
lebih mudah diakses dan merefleksikan kehidupan sehari-hari. Dengan sengaja dan
jelas, Pop Art berkembang sebagai sebuah reaksi perlawanan terhadap seni
abstrak. Gambar dibawah adalah sebuah poster karya Milton Glaser yang
menonjolkan gaya siluet Marcel Duchamp dikombinasikan dengan kaligrafi
melingkar. Di cetak lebih dari 6 juta eksemplar.
1984, Émigré
Majalah disain
grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk menggunakan komputer
Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih ke desktop
publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk
eksperimen tipografi.
Prinsip dan Unsur
Unsur:
- Shape
- Bentuk (form)
- Tekstur
- Garis
- Ruang
- Warna
Prinsip-prinsip tersebut yaitu :
- keseimbangan (balance)
- ritme (rhythm)
- tekanan (emphasis)
- proporsi ("proportion")
- kesatuan (unity), kemudian
- membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Peralatan dalam Desain Pemodelan Grafis
Peralatan yang paling utama yaitu pikiran
(ide), semua orang memiliki pemikiran tetapi setiap orang belum tentu memiliki ide yang sama. Disamping teknologi (komputer) sebuah desain grafis yang baik
membutuhkan kreatifitas.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan
selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk
menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
2D dan 3D
Objek 2D yaitu sekumpulan titik-titik 2 dimensi yang dihubungkan dengan garis lurus. Objek grafik 2D didefinisikan sebagai kumpulan titik 2 dimensi yang secara komputasi dinayatakan sebagai array 1D, atau linkedlist sesuai dengan struktur data yang digunakan dalam menyatakan titik 2D.
Dalam dunia komputerisasi grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital berbasis komputer, yang kebanyakan mengambil objek-objek dua dimensi. Model grafik tersebut merupakan kombinasi dari model geometri (grafik vektor) gambar digital (raster Graphics), fungsi matematika, dan sebagainya.
Macam-macam objek 2D:
- Line
- Circle
- Arc
- Polygon
- Text
- Section
- Rectangle
- Ellips
- Donut
- Star
- Helix
Objek 3D
3D biasa disebut benda yang memiliki panjang, lebar, tinggi. Grafil 3D merupakan teknik yang berpatokan pada titik sumbu X (datar), sumbu Y (tegak), dan sumbu Z(miring). 3D, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. Secara umum 3D menunjuk pada kemampuan dari sebuah video card. Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Dalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Suatu objek rangka 3D apabila disinari arah tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Di dalam dunia game, 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card. Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan video card itu sendiri (bukan dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih relaistis dalam memainkan game komputer.
Macam-macam objek 3D:
- Box
- Sphare
- Tube
- Pyramid
- Plane
- Hedra
Software Pendukung Desain Grafik
Desktop Publishing
- Adobe Photoshop
- Adobe Ilustrator
- Adobe Design
- Adobe Freehand
- Adobe Image Ready
- Adobe Page Maker
- CorelDraw
- GIMP
- Inkscape
Webdesign
- Adobe Dreamweaver
- Microsoft Frontpage
- Notepad
Audiovisual
- Adobe After effect
- Adobe Premier
- Final Cut
- Adobe Flash
Rendering 3D
- 3D StudioMax
- Maya
- AutoCad
- Blender
Sumber :
http://dilihatya.com/1230/pengertian-desain-menurut-para-ahli
http://linked4fun.blogspot.com/2013/01/objek-2d-dan-3d.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis#Sejarah
http://bintorobagus.blogspot.com/2013/11/perkembangan-dan-sejarah-desain.html