Posted by : Unknown Kamis, 21 November 2013

   

    Jaringan Nirkabel merupakan alat komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan ini sering digunakan baik jaraknya dekat (bluetooth) atau jaraknya jauh (satelit). Digunakan untuk saling bertukar informasi dan memanfaatkan sumber daya bersama. Jenis jaringan yang paling banyak digunakan yaitu LAN/WLAN dan WAN. Dan jaringan yang di pancarkan oleh jaringan nirkabel itu berupa "Gelombang", yaitu Gelombang Radio, Gelombang Micro, maupun Infra Merah.


    Sebenarnya pada awalnya jaringan sendiri di kembangkan oleh profesor ahli komputer dari Hawaii pada tahun 1970. Selanjutnya terdapat dua orang yang menerbitkan makalah tentang percobaan jaringan nirkabel di IEEE (Institue of Electrical and Electronics Engineers) pada tahun 1979. Setahun selanjutnya di laporkan bahwa percobaan penerapan di radio untuk komunikasi di terminal nirkabel IEEE Telekomunikasi Nasional. Dan dari sinilah mulai di kembangkan Jaringan nirkabel di dunia. Dengan penuh upaya untuk mendorong kegiatan industri dalam pengembangan dari generasi baru dari jaringan area lokal nirkabe.

Generasi Pertama 
     Dari data nirkabel di kembangkan pada awal 1980-an oleh operator radio amatir, yang sering disebut radio paket mini. Mereka menamnahkan komunikasi data pita suara modem, dengan kecepatan data di bawah 9.600-bit/s, untuk sistem radio jarak pendek.    
 
Generasi kedua 
   Modem nirkabel yang dikembangkan untuk non-militer penggunaan spektrum penyebaran teknologi. Modem ini memiliki kecepatan data yang diberikan atas perintah ratusan kbit / s. 

Generasi ketiga 
    Modem nirkabel ditujukan untuk kompatibilitas dengan LAN yang ada dengan data tingkat atas perintah Mbit / s. Beberapa perusahaan yang mengembangkan ini dengan kecepatan data diatas 1 Mbit / s dan beberapa hasil dari generasi ini sudah diumumkan oleh waktu pertama IEEE Workshop on Wireless LAN.

Jenis Jaringan

-LAN(WLAN)
    Merupakan menghubungkan komputer dalam lingkup yang terbatas, seperti runga atau gedung. Dengan cara ini menguntung untuk pekerjaan tim. Dengan LAN pertukaran data tidak perlu menggunakan kertas bahkan Floppy Disk. LAN di bagi menjadi dua yaitu :
  1. Berbasis Ad-hoc

    Pada jaringan ini, komunikasi antara satu perangkat komputer dengan yang lain dilakukan secara spontan/ langsung tanpa melalui konfigurasi tertentu selama sinyal dari Access Point dapat di terima dengan baik oleh perangkat-perangkat komputer di dalam jaringan ini.

     2.  Berbasis Infrastruktur

     Pada Jaringan ini, satu atau lebih Access Point menghubungkan jaringan WLAN melalui jaringan berbasis kabel. Jadi pada jenis jaringan ini, untuk melayani perangkat komputer di dalam jaringannya, maka Access Point memerlukan koneksi ke jaringan berbasis kabel terlebih dahulu.

-WAN (Wide Area Network)
    Yaitu menghubungkan komputer yang letaknya jauh, hingga mencapai negara bahkan benua. Sebagai contohnya "Mesin ATM", ATM dapat menghubungkan ribuan Bank di dunia ini.

Sumber :
Buku SMK "Pelatihan Teknik Komputer & Jaringan".
Modul "TEKNOLOGI JARINGAN TANPA KABEL (WIRELESS)" karangan M.Rudyanto Arief.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -