Posted by : Unknown Kamis, 05 Mei 2016

Tugas 1 Pemrograman Jaringan
Nama : Dimas Yudistira
Kelas  : 4ia25
Npm   : 52412155

Web Proxy

Langsung saja kita bahas tentang web proxy

Web proxy itu sebuah web dengan menggunakan proxy server yang digunakan sebagai perantara dari sebuah jaringan internet/intranet. Dari proxy server bertindak sebagai gateway pada komputer klien, nah web server nantinya akan menerima permintaan dari web proxy lalu menerjemahkannnya dan permintaan tersebut dianggap langsung dari komputer klien. Kemudian proses pengiriman data tersebut ip addressnya tidak terdeteksi karena tersembunyi oleh proxy. Manfaat yang dapat dirasakan menggunakan proxy yaitu dapat menghemat bandwith dan menambah kecepatan pada saat browsing
internet.


Keuntungan dari penggunaan proxy server dalam  jaringan TCP/IP adalah:


  1. Keamanan jaringan lebih terjaga, karena adanya proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dengan jaringan luar (internet) 
  2. Pengaksesan terhadap situs-situs yang sebelumnya telah diakses menjadi lebih cepat, karena pengaksesan tidak perlu ke jaringan luar (internet) melainkan ada pada direktori cache proxy.
  3.  Terdapat fasilitas filtering, baik filtering pengguna, content dan waktu akses.


Kekurangan dari penggunaan proxy server dalam  jaringan TCP/IP adalah:

  1. Pengaksesan terhadap situs baru dibuka  akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta request dari client tersebut ke pada penyedia layanan internet. 
  2. Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut.

Web Server

Selanjutnya akan menjelaskan web server web server itu ya sebuah server, tugasnya server melayani permintaan dari klien dalam bentuk http maupun https yang selanjutnya memberikan balasan berupa dokumen html.

Contoh Web Werver yaitu :
*Apache tomcat
*Microsoft server
*Lighthttp
*Sun Java System Web Server
*Xitami Web Server

DNS

Selanjutnya DNS
DNS kependekan dari Domain Name System yang dimana sebuah sistem akan menerjemahkan alamat IP ke nama domain begitu juga sebaliknya. contoh mengetikkan alamat website Youtube.com, maka DNS akan menerjemahkan dalam alamat IPnya.

Cara kerja DNS :
  1. Pada komputer Client, sebuah program aplikasi misalnya http, meminta pemetaan IP Address (forward lookup query). Sebuah program aplikasi pada host yang mengakses domain system disebut sebagai resolver, resolver menghubungi DNS server, yang biasa disebut name server.
  2. Name server meng-cek ke local database, jika ditemukan, name server mengembalikan IP Address ke resolver jika tidak ditemukan akan meneruskan query tersebut ke name server  root server.
  3. Terakhir barulah si client bisa secara langsung menghubungi sebuah website / server yang diminta dengan menggunakan IP Address yang diberikan oleh DNS server.

Mail Server

Lalu Mail Server
yaitu perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai hasil respon dari permintaan yang dikirim via email. lalu mail server juga memberikan layanan http://FTP

Terdapat 2 mail server yang berbeda, yaitu :

  1. Outgoing Server (Sending email) : Protocol server yang menangani adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25.
  2. Incoming Server (Receiving email) : Protocol server yang menangani adalah POP3 (Post Office Protocol) pada port 110 atau IMAP (Internet Message Access Protocol) pada port 143.

PHP

dan yang terkahir penjelasan PHP.
Merupakan bahasa pemograman yang dirancang untuk membangun web. selain web juga php bisa menjadi bahasa pemograman umum. Awalnya php dikembangkan oleh Ranmus Lerdorf tahun 1995, tapi sekarang sudah dikelola oleh The PHP Group.
Php singkatan dari Personal Home Page, jadi sesuai namanya cuma dipakai untuk web pribadi saja, lalu dikembangkan-kembangkan, dan akhirnya php menjadi bahasa pemograman web yang powerfull dan digunakan oleh jutaan orang.

Referensi :
  • http://www.kajianpustaka.com/2013/09/pengertian-manfaat-dan-fungsi-proxy.htm
  • http://nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-dns-pada-jaringan-komputer/
  • http://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam-pemograman-web/
  • http://infoanaktkj.blogspot.co.id/2013/11/pengertian-dan-cara-kerja-dns.html
  • http://mata-cyber.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-fungsi-dan-cara-kerja-dns-server.html




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © dmsyudis -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -